Desa Sido Dadi

Kec. Sungai Rumbai
Kab. Muko Muko - Bengkulu

Info

Artikel

Hari Raya Kurban: Merayakan Idul Adha dengan Ketaatan dan Pengorbanan

Administrator

16 Juni 2024

168 Kali dibuka

Hari Raya Idul Adha: Makna dan Tradisi

Hari Raya Idul Adha, juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, adalah salah satu hari besar dalam kalender Islam. Dirayakan pada tanggal 10 Dzulhijjah, bulan terakhir dalam kalender Hijriyah, Idul Adha memperingati kisah nabi Ibrahim yang diuji oleh Allah untuk mengorbankan putranya sebagai tanda ketaatan. Namun, Allah menggantikan putranya dengan seekor domba. Hari raya ini menekankan pentingnya ketaatan, pengorbanan, dan berbagi rezeki dengan sesama.

Sejarah dan Makna
Kisah yang melatarbelakangi Idul Adha berawal dari nabi Ibrahim yang mendapat perintah dari Allah dalam mimpinya untuk mengorbankan putranya, Ismail. Ketika Ibrahim hendak menjalankan perintah tersebut, Allah menggantikannya dengan seekor domba sebagai bentuk rahmat-Nya. Peristiwa ini menjadi simbol ketaatan total kepada Allah dan keikhlasan dalam berkurban.

Idul Adha juga bertepatan dengan ibadah haji, di mana jutaan umat Muslim dari seluruh dunia berkumpul di Makkah untuk melaksanakan salah satu rukun Islam. Ibadah haji mencapai puncaknya pada hari Arafah, sehari sebelum Idul Adha, di mana jamaah melakukan wukuf di Padang Arafah.

Tradisi dan Ritual
Perayaan Idul Adha dimulai dengan salat Id yang dilaksanakan pada pagi hari. Setelah itu, umat Muslim melakukan penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kambing, atau domba. Hewan yang dikurbankan harus memenuhi syarat-syarat tertentu, seperti cukup umur dan tidak cacat.

Daging hewan kurban kemudian dibagikan kepada keluarga, tetangga, dan terutama kepada mereka yang membutuhkan. Pembagian daging ini merupakan wujud solidaritas sosial dan kepedulian terhadap sesama, memastikan bahwa semua orang, terutama yang kurang mampu, dapat menikmati makanan enak selama hari raya.

Nilai-nilai dalam Idul Adha
1. **Ketaatan**: Kisah nabi Ibrahim menunjukkan ketaatan tanpa syarat kepada perintah Allah, yang menjadi teladan bagi umat Muslim untuk selalu patuh dan ikhlas dalam menjalankan perintah-Nya.


2. **Pengorbanan**: Pengorbanan yang dilakukan Ibrahim dan Ismail mengajarkan tentang pentingnya berkorban demi kebaikan yang lebih besar dan demi mendapatkan ridha Allah.
3. **Kepedulian Sosial**: Melalui pembagian daging kurban, Idul Adha menjadi momen untuk memperkuat rasa kepedulian dan solidaritas sosial di antara umat Muslim.

Perayaan di Berbagai Negara
Di berbagai negara, Idul Adha dirayakan dengan cara yang bervariasi sesuai dengan tradisi dan budaya setempat. Di Indonesia, masyarakat biasanya berkumpul di masjid atau lapangan untuk salat Id bersama, lalu melanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Di beberapa daerah, terdapat juga tradisi unik seperti arak-arakan hewan kurban atau festival makanan.

Hari Raya Idul Adha bukan hanya tentang ritual dan perayaan, tetapi juga tentang memahami dan menginternalisasi nilai-nilai ketaatan, pengorbanan, dan kepedulian terhadap sesama. Dengan semangat Idul Adha, umat Muslim diajak untuk memperbaiki diri, meningkatkan ketaqwaan, dan mempererat tali persaudaraan.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H. Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dan makna dari setiap pengorbanan yang dilakukan.

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

NATHASYA, S.Kom

Sekretaris

TISKA ANINDITA

Kasi Pemerintahan

RIZANA ALIKA

Kasi Kesejahteraaan

SISILIA ANISA

Kaur Keuangan

ADELIA FIRNANDA

Kaur Keuangan

AISYAH NIRMALA

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Sido Dadi

Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Muko Muko, Bengkulu

Transparansi Anggaran

APBDes 2024 Pelaksanaan

Pendapatan

AnggaranRealisasi
Rp 42.000.000,00Rp 3.000.000,00

Belanja

AnggaranRealisasi
Rp 50.000.000,00Rp 30.000.000,00

APBDes 2024 Pendapatan

Alokasi Dana Desa

AnggaranRealisasi
Rp 42.000.000,00Rp 3.000.000,00

APBDes 2024 Pembelanjaan

AnggaranRealisasi
Rp 50.000.000,00Rp 30.000.000,00

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-2.8879062
Longitude:101.4520513

Desa Sido Dadi, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Muko Muko - Bengkulu

Buka Peta

Wilayah Desa